Data Warehouse dan Big Data

by 20.02 0 komentar
Nama/NIM : Made Dwika Junata Darma, 1304505118
Jurusan/Fakultas/Perguruan Tinggi : Teknologi Informasi/Teknik/Universitas Udayana
Mata Kuliah :
Data Warehouse
Dosen : I Putu Agus Eka Pratama, ST MT  




Data Warehouse dan  Big Data
Akhir-akhir ini, istilah 'big data' menjadi topik yang dominan dan sangat sering dibahas dalam industri IT. Banyak pihak yang mungkin heran kenapa topik ini baru menjadi pusat perhatian padahal ledakan informasi telah terjadi secara berkelangsungan sejak dimulainya era informasi. Perkembangan volume dan jenis data yang terus meningkat secara berlipat-lipat dalam dunia maya Internet semenjak kelahirannya adalah fakta yang tak dapat dipungkiri. Mulai data yang hanya berupa teks, gambar atau foto, lalu data berupa video hingga data yang berasal system pengindraan. Lalu kenapa baru sekarang orang ramai-ramai membahas istilah big data? Apa sebenarnya 'big data' itu?


Big data merupakan evolusi dari data warehouse dimana big data mencakup semua data warehouse namun data warehaose tidak bisa disebut sebagai  big data. Data berasal dari beberapa database yaitu, data warehouse suatu perusahaan yang berisi data dari sistem yang keuangan perusahaan, sistem pemasaran pelanggan, sistem penagihan, yang point-of-sales sistem, dan sebagainya. sistem big data memanfaatkan sumber-sumber data baru dan memungkinkan perusahaan untuk menganalisis dan mengambil nilai bisnis dari set data besar. Big Data merupakan sebuah ungkapan atau frase, yang digunakan untuk menggambarkan data yang memiliki volume besar baik data terstruktur dan tidak terstruktur yang  sulit untuk diproses menggunakan teknik database dan perangkat lunak tradisional. data yang besar memiliki potensi untuk membantu perusahaan dalam meningkatkan operasi dan membuat segalanya menjadi lebih cepat dan karena kelengkapan data nya dapat untuk membuat keputusan yang lebih cerdas.

Hadoop merupakan perangkat lunak framework berbasis java yang bersifat open source. hadoop berguna sebagai penyimpanan serta pemrosesan big data yang terdistribusi dalam sebuah cluster komputer. Hadoop memiliki dua bagian utama yaitu bagian penyimpanan dan juga bagian pemrosesan. hadoop memanipulasi data yang dimiliki untuk memungkinkan data yang akan diproses agar lebih cepat dan lebih efisien dibandingkan dalam arsitektur superkomputer yang lebih konvensional yang masih mengandalkan sistem file paralel di mana perhitungan dan data yang terhubung melalui jaringan berkecepatan tinggi.


Data mining dapat disebut sebagai knowledge discovery adalah sebuah proses memilah data dalam berbagai sudut pandang dan kemudian membuat sebuah kesimpulan dari data yang diteliti.
Data mining dapat berguna untuk menemukan hubungan atau pola dalam relasi database. Hasil dari data mining dapat menjadi bahan pertimbangan untuk menambah penghasilan maupun mengurangi pengeluaran. Penggunaan data mining dapat ditemui pada supermarket, mereka melihat barang apa yang paling banyak dibeli oleh tipe pelanggan yang mana pada waktu tertentu dan menggunakannya untuk memberikan diskon pada hari tertentu/waktu tertentu dan menentukan penempatan barang pada supermarket tersebut.



Referensi :

 

Unknown

Developer

Cras justo odio, dapibus ac facilisis in, egestas eget quam. Curabitur blandit tempus porttitor. Vivamus sagittis lacus vel augue laoreet rutrum faucibus dolor auctor.

0 komentar:

Posting Komentar