Integrasi Database, Integrasi Software dan Integrasi Middleware

by 06.37 0 komentar

Integrasi Database, Integrasi Software dan Integrasi Middleware


Made Dwika Junata Darma, 1304505118
Nama jurusan/Fakultas : Teknologi Informasi/Teknik
Nama Kampus : Universitas Udayana
Nama Dosen : I Putu Agus Eka Pratama, ST MT



Integrasi Database

        Integrasi data meliputi kombinasi data yang berada pada sumber berbeda dan menyediakan user dengan tampilan terpadu untuk data-data tersebut. Proses ini menjadi sangat signifikan dalam beberapa situasi, yang mencakup domain komersial (saat 2 perusahaan harus menggabungkan database mereka) maupun secara ilmiah (mengkombinasikan hasil pencarian, misalnya dari repositori bioinformatik). Integrasi data muncul dengan frekuensi yang meningkat seperti volume dan kebutuhan untuk berbagi ledakan data yang ada.Hal ini telah menjadi fokus dari pekerjaan teoritis yang luas, dan beberapa masalah terbuka tetap belum terpecahkan. Dalam lingkaran manajemen, orang sering merujuk pada integrasi data sebagai “Enterprise Information Integration” (Informasi Integrasi Perusahaan) atau EII.
        Sistem integrasi data biasanya disebut secara formal sebagai tripel GSM. G untuk global schema (skema global), S untuk set dari skema sumber yang heterogen, dan M untuk mapping (pemetaan) antara query dari sumber dan skema global. G dan S diekspresikan dalam bahasa alfabetis yang disusun oleh simbol untuk tiap hubungan respektifnya. Pemetaan M terdiri dari pernyataan antara query dari G dan query dari S. Saat user mengajukan query dari sistem data integrasi, mereka mengajukan query dari G dan pemetaannya kemudian menegaskan koneksi antara elemen di skema global dengan skema sumber.




Integrasi Software

      Integrasi software merupakan perangkat lunak untuk komputer pribadi yang menggabungkna fungsi yang paling umum digunakan oleh produktivitas program perangkat lunak dalam satu aplikasi. Integrasi software sebagian besar telah digunakan oleh suite kantor yang berfungsi penuh. Perkembangan awal PC sebelum GUI menjadi umum masih menggunakan teks dan dioperasikan dengan menggunakan tombol fungsi dan urutan tombol pengubah. Setiap program yang digunakan akan berbeda dengan penekanan tombol senghingga menyulitkan pengguna untuk menguasai lebih dari satu program. Sangat sulit melakukan pertukaran data antar program karena data diambil dari floppy disk, dengan keterbatasan ini maka vendor menciptakan multifungsi paket yang terintegrasi guna beralih ke program dan penyajian pengguna dengan antar muka yang lebih konsisten.


Integrasi Middleware

       Integrasi middleware merupakan sistem perangkat lunak yang menawarkan jasa runtime untuk komunikasi, pelaksanaan integrasi aplikasi, pemantauan dan operasi. Fungsi utama dari middleware adalah untuk membantu dalam pembuatan pengembangan aplikasi yang sederhana. Hal ini dilakukan dengan menawarkan abstraksi pemrograman umum, menutupi heterogenitas, memberikan sistem operasi fundamental dan perangkat keras, dan masking tingkat rendah rincian pemrograman. Menurut Techopedia menjelaskan Integrasi Middleware merupakan perangkat lunak yang menghubungkan dua aplikasi yang terpisah atau umumnya digunakan untuk menggambarkan produk yang berbeda yang berfungsi sebagai perekat antara dua aplikasi yang terpisah.


Sumber :
Pratama Eka, I Putu Agus. Februari 2014. “Smart City Beserta Cloud Computing”. Bandung : Informatika Bandung.
Anonim.”Integrasi Data Dalam Basis Data”.28 Februari 2014.(https://gheagayatri.wordpress.com/2012/02/28/integrasi-data-dalam-basis-data/)
Anonim.”Integrated Software”.1 Maret 2015.(http://en.wikipedia.org/wiki/Integrated_software)
Andrian Simbolon, Harry , SE., M.Ak., QIA. “Integrasi Komponen SIA”. 28 Feburari 2015.(https://akuntansibisnis.wordpress.com/2010/06/16/integrasi-komponen-sia/
Bluewarrior.”Middleware”. 28 Februari 2015.(https://bluewarrior.wordpress.com/2009/11/29/middleware/)

Unknown

Developer

Cras justo odio, dapibus ac facilisis in, egestas eget quam. Curabitur blandit tempus porttitor. Vivamus sagittis lacus vel augue laoreet rutrum faucibus dolor auctor.

0 komentar:

Posting Komentar