Teknologi Pendukung Integrasi dan Migrasi Sistem

by 10.17 0 komentar

Nama/NIM : Made Dwika Junata Darma, 1304505118
Jurusan/Fakultas/Perguruan Tinggi : Teknologi Informasi/Teknik/Universitas Udayana

Mata Kuliah : Integrasi dan Migrasi Sistem Dosen : I Putu Agus Eka Pratama, ST MT



         Secara singkat saya akan menjelaskan apa itu integrase dan migrasi sistem, karna telah saya bahas lebih jelas pada artikel sebelumnya integrasi dan migrasi sistem, 
Sistem terintegrasi (integrated system) merupakan sebuah rangkaian proses untuk menghubungkan beberapa sistem-sistem komputerisasi dan software aplikasi baik secara fisik maupun secara fungsional. Sedangkan migrasi merupakan perpindahan dari satu kondisi lama ke kondisi baru atau dari sistem lama ke sistem yang baru. Migrasi sistem juga dapat melibatkan downtime, sedangkan sistem yang lama diganti dengan yang baru.

        Teknologi pendukung dalam integrase dan migrasi sistem sangatlah penting dalam pengembangan sistem. Dalam proses tersebut kita dapat menggunakan teknologi-teknologi pendukung dalam kegiatan migrasi dan integrase sistem, terdapat 9 teknologi yang saling berkaitan dalam mendukung agar integrasi dan migrasi sistem dapat lebih optimal.

       Teknologi pendukung yang pertama adalah Web Server. Web Server merupakan penyedia, dimana pengguna meminta berkas ataupun memberikan service (layanan) kepada klien yang meminta informasi berkaitan dengan web, dan  layanan tersebut akan memberikannya . Fungsi utama dari web server adalah untuk mentransfer berkas atas permintaan pengguna melalui protokol komunikasi. 
        Teknologi ke 2 yaitu API (Application Programming Interface), API adalah sekumpulan perintah, fungsi, dan protocol yang dapat digunakan oleh programmer saat membangun perangkat lunak untuk system operasi tertentu. API memungkinkan programmer untuk menggunakan fungsi standar untuk berinteraksi dengan system operasi. Dan teknologi ini dapat diterapkan pada Web Server.

          Web server memerlukan penyimpanan data dalam mengola informasinya dan akan berkaitan dengan teknologi pendukung Migrasi selanjutnya yaitu teknologi Data Base dan Data Warehouse, Data Warehouse adalah kumpulan data yang disimpan secara sistematis di dalam komputer dan dapat diolah atau dimanipulasi menggunakan perangkat lunak (program aplikasi) untuk menghasilkan informasi.
         Web Server memerlukan Teknologi Database, dan teknologi database akan berkaitan dengan teknologi Data Maining, karna Data Maining merupakan suatu proses pengolahan data yang berfungsi untuk menggali pengetahuan dan informasi baru dari data yang berjumlah banyak pada data warehouse dengan tujuan untuk mempermudah komunikasi antara data dengan pengguna. 
        Teknologi pendukung Migrasi selanjutnya adalah Data Warehouse yang merupakan kesatuan database yang berisi data dari beberapa sistem operasi yang terintegrasi dan terstruktur, Data Warehouse dibuat untuk memudahkan dalam melakukan query secara cepat.

        Data Warehouse akan berkaitan dengan teknologi pendukung selanjutnya yaitu teknologi Open Data, Open data berfungsi sebagai penghubung data yang tersedia secara bebas untuk diakses dan dimanfaatkan oleh pengguna. Teknologi tersebut akan didukung oleh teknologi Socet Programming yang merupakan Port yang berfungsi untuk mengetahui sesuatu yang digunakan untuk menghubungkan komunikasi antara proses remote dan local.

          Dari ke tujuh teknologi tersebut akan berkaitan dengan teknologi OTT (Over The Top) yang merupakan layanan dengan konten yang berupa data, informasi atau multimedia yang berjalan melalui jaringan internet sebagai media pendukung dalam proses penggunaan teknologi dalam Migrasi sistem.

         Teknologi dalam Migrasi yang ke sembilan adalah teknologi Cloud Computing yang berfungsi sebagai penyedia layanan yang digunakan oleh pengguna untuk memanfaatkan teknologi-teknologi yang ada didalam layanan internet. Cloud computing akan sangat berkaitan dengan kedelapan teknologi yang ada, karena tanpa adanya layanan cloud computing kedelapan teknologi pendukung tersebut tidak akan dapat dijalankan secara optimal didalam proses Migrasi sistem.



Sumber :
- Agus Eka Pratama, S.T.,M.T, I Putu. 2014. Smart City Beserta Cloud Computing dan Teknologi-Teknologi Pendukung Lainnya. Bandung: Informatika.

- Agus Eka Pratama, S.T.,M.T, I Putu. 2014. Handbook Jaringan Komputer Teori dan Praktik Berbasiskan Open Source. Bandung: Informatika.

- baru-newbie.PENGERTIAN WEB SERVER BESERTA CONTOHNYA. http://baru-newbie.blogspot.com/2014/04/pengertian-web-server-beserta-contohnya.html
 

Unknown

Developer

Cras justo odio, dapibus ac facilisis in, egestas eget quam. Curabitur blandit tempus porttitor. Vivamus sagittis lacus vel augue laoreet rutrum faucibus dolor auctor.

0 komentar:

Posting Komentar